Langsung ke konten utama

Ambarawa Hits ( Museum Kereta Api dan Fort Willem I )

Kali ini saya akan posting tentang wisata di daerah Ambarawa. Terdapat banyak tempat wisata di Ambarawa seperti Rawa Pening, Bukit Cinta Rawa Pening, Museum Palagan dan lain-lain. Untuk kali ini saya akan membahas tempat wisata di Ambarawa yaitu Museum Kereta Api ( Ambarawa Railway Museum ) dan Benteng Pendem Ambarawa ( Fort Willem I ). Pertama kita saya akan mengulas museum terlebih dahulu. Museum ini terletak di Jalan Stasiun No 1, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini menyimpan kereta-kereta sejak dari zaman Belanda dulu. Untuk biaya parkir Rp. 2.000,- dan biaya masuk museum untuk dewasa Rp 10.000, untuk anak-anak Rp. 5.000. Museum mulai buka di jam 8.00 - 17.00.

Berikut foto yang saya abadikan di Museum Kereta Api Ambarawa :

Lorong masuk ke museum

Untuk tempat kedua, saya mampir di Benteng Pendem Ambarawa ( Fort Willem ) yang mana tempat ini adalah lapas yang masih digunakan sampai sekarang ini. Alamat benteng di Lodoyong, Ambarawa. Untuk menuju ke tempat ini tak begitu sulit, dari Museum anda cukup ke arah RSUD Ambarawa, Setelah RSUD Ambarawa ada tugu bertuliskan Benteng Pendem kalau gak salah, anda cukup mengikuti jalan tersebut. Saat mengikuti jalan tersebut anda akan melihat benteng di kanan anda itu berarti anda sudah dekat dan tidak salah jalan, hehehe. Pesan dari penunggu parkir motor jangan terlalu ramai jika masuk wilayah benteng ini. Untuk parkir motor Rp. 2.000.

Berikut foto di sekitar Fort Willem I Ambarawa :

Di lantai 2 bangunan ini masih berpenghuni. Dihuni sebagai mess untuk pegawai lapas sendiri. Kata bapak penunggu parkir di area ini ada budi daya burung sriti dan burung walet. Jangan heran jika anda memasuki wilayah benteng banyak burung beterbangan, dan hati-hati. Sekian dan terima kasih........

Postingan populer dari blog ini

Long exposure Xiaomi Mi 4

Long exposure adalah teknik menciptakan foto yang menampilkan kombinasi antara objek yang diam dan objek bergerak. Long exposure biasanya dilakukan di malam hari tapi tidak memungkiri dapat juga dilakukan di siang hari. Long exposure biasanya dapat dilakukan oleh kamera DSLR, namun beriringnya waktu kini smartphone pun juga bisa melakukan teknik long exposure. Ada beberapa macam smartphone yang sudah mumpuni untuk melakukan teknik Long exposure ini. Salah satunya smartphone keluaran tahun 2014 yaitu Mi 4.   Untuk Xiaomi Mi 4 sendiri memang kalau sekarang mungkin sudah ketinggalan jaman dikarenakan banyak smartphone keluaran baru yang lebih bagus bahkan juga lebih mahal. Untuk saya sendiri, Xiaomi Mi 4 ini sudah cukup untuk saya, hehe. Berikut cara melakukan teknik Long exposure di Xiaomi Mi 4 : 1. Buka aplikasi kamera bawaan smartphone Xiaomi anda 2 . Geser ke kanan untuk mencari mode manual 3. Klik manual maka penampilan akan sebagai berikut 4.

Telusur Pantai di JLS Pacitan

Dolan kali ini saya akan menuju kota Pacitan..tepatnya di Pantai Soge..Rute tetep sama seperti ke Pantai Klayar..tetapi sebelum pertigaan ke Pantai Klayar kita lurus aja. Rute lengkapnya dari Jogja yaitu Jogja - Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Punung - Pringkuku - Sedeng-Kota Pacitan - Kebonagung - Soge. Pagi hari saya berangkat dari Jogja jam 5an..tak kurang 2 jam saya sudah sampai Pasar Punung kita lurus aja mengikuti jalan raya. Kurang lebih 20 menitan kita akan melewati daerah Sedeng yang dimana jalan agak ngeri kalau bagi saya..lebih ekstrim dari Bokong semar di Patuk Gunung Kidul. Cukup hati-hati saja saat melewati tanjakan Sedeng dikarenakan jalanan menanjak dan berkelok serta pemandangan yang bagus bisa mengganggu kosentrasi kita saat mengemudi. View Pantai Teleng Ria bisa kita nikmati dari daerah Sedeng ini. Istimewa..sayang pemandangan tak dapat saya abadikan dikarenakan kondisi hujan. Dari Sedeng terus aja kita akan masuk di Gerbang kota Pacitan. Lurus aja dari kota

Panasnya Puncak Kosakora Gunung Kidul

Dolan kali ini saya akan mengunjungi sebuah puncak yang berada di sebelah timur Pantai Drini dan Pantai Pengilon. Puncak Kosakora namanya. Ada dua arah untuk menuju ke Puncak Kosakora, anda bisa parkir motor di Pantai Drini lanjut treking kurang lebih 30 menit melewati 2 bukit. Atau lebih mudahnya anda menuju ke Pantai Drini tetapi lewat jalan yang kedua, bukan yang pertama jika anda lewat Jln Baron. Begitu masuk ke jalan menuju Pantai Drini lurus aja, egak sampai 10 menit di situ ada maz-maz yang menunggu parkir motor ke Puncak Kosakora. Parkirkan motor dan treking saya mulai... Berikut foto di Puncak Kosakora : Jalan melewati persawahan penduduk menuju ke puncak Ladang pohon singkong penduduk sekitar Treking melewati bebatuan dan rumput-rumput Kalau egak salah ini Pantai Pengilon Puncak Kosakora sudah terlihat sesudah melewati Pantai Pengilon Pantai Ngrumput Puncak Kosakora yang akan didaki Jalanan menuju Puncak Kosakora View Pantai D